BERITABETA.COM, Ambon – Lolosnya Tim Nasional (Timnas) Belanda ke Piala Dunia 2022 setelah mencukur Norwegia 2-0 di laga pamungkas Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Eropa, membuat ribuan fans-nya di Kota Ambon, Maluku bersuka ria.

Laga terakhir penyisihan Grup G yang berlangsung di Stadiun De Kuip Rotterdam,  Rabu (17/11/2021) dini hari WIB itu, seakan kembali membangun euphoria para fanatisme Timnas Belanda di Kota Ambon.   

Maklum, Belanda sebelumnya absen pada Piala Dunia 2018, dan kini menduduki puncak klasemen Grup G.

Ikatan emosional orang Ambon dan Belanda memang sulit dilepas pisahkan termasuk di Piala Dunia 2022. Apalagi, dalam sejarah,  sepakbola di Negeri Kincir Angin itu tidak  pernah sepi diisi oleh pemain-pemain keturunan Maluku.

Seperti yang diketahui, banyak sekali orang Maluku yang berada dan menjadi warga negara Belanda. Bahkan beberapa dari mereka ada yang menjadi pesepakbola nasional Belanda.

Hampir setiap edisi Piala Dunia, pemain Belanda berketurunan Maluku selalu menyelip dari 23 nama skuat lengkap Singa Oranye.

Dari era Izaak Pattiwael, Hans Taihitu, Frans Hukom, Simon Tahamatta, Sony Silooy, Piere van Hooijdonk dan yang paling cukup dikenal, Giovanni Van Bronchorst, bintang tim nasional Belanda yang berlaga pada Piala Dunia 2010.

Generasi keturunan Maluku di tim nasional Belanda pun berlanjut hingga Piala Dunia 2014. Adalah Michel Vorm, kiper Belanda yang pernah bermain untuk klub Inggris, Swansea City.

Pemain ini dikabarkan masih memiliki darah Maluku dari ibunya yang bermarga Manupassa, sebuah klan di Piru, ibu kota Kabupaten Seram Bagian Barat, Maluku.

Keterikatan ini yang kerap membuat warga Ambon tumpah ruah ke jalan-jalan merayakan kemenangan Timnas Belanda pada turnamen-turnamen bergengsi yang dimenangkan Timnas Belanda.

Misalnya, saat Belanda menaklukan Uruguay 3-2 dan lolos ke final pada Piala Dunia dua musim lalu, ribuan suporter Belanda di kota Ambon tumpah ruah di ruas-ruas jalan. Aksi ngebut sejumlah kendaraan bermotor dan mobil menghiasi kota bertajuk manise ini.

Kali ini kepastian Timnas Belanda mengantongi  1 tiket ke ajang Piala Dunia 2022 membuat para pendukung Timnas Belanda di Ambon ramai-ramai memberi dukungan lewat media sosial dengan ragam cara.

Mereka mengaku senang tim kebanggaan mereka akhirnya bisa lolos ke Turnamen bergengsi yang akan dihelat di Qatar, 21 November 2022 mendatang.

“Holand [Timnas Belanda] masuk Word Cup itu merupakan hal yang lumrah dan wajar.  Kewajaran itu seperti matahari yang  terbit di pagi hari dan terbenam di sore hari,” ungkap Harman Sahupala salah satu warga Ambon yang fans berat Timnas Belanda memberikan tanggapan kepada beritabeta.com, Jumat sore (19/11/2021).